Mau Beli Laptop Second ? Berikut Tipsnya

Setiap orang ingin memiliki sebuah barang baru termasuk notebook/laptop, tapi dengan harga yang relatif jauh lebih mahal orang berfikir untuk membeli sebuah laptop second, tapi membeli sebuah laptop second tidak semudah membeli laptop baru, karena apabila kita membeli laptop baru barang sudah terjamin terlebih kalau kita membeli di toko resmi.  berikut akan kami berikan beberapa tips bila anda ingin membeli laptop second.

Tips Membeli dan memilih laptop second / bekas :

  • Periksa LCDnya apakah bisa menampilkan gambar dengan baik.
    Cek apakah ada titik hitam atau putih pada layar, istilahnya Dead pixel?cukup menggunakan mata telanjang. Kalau mau akurat bisa gunakan aplikasi seperti Dead Pixel Budy untuk mencari dead pixel atau titik hitam tadi. Kalau cuma satu sih gak masalah, tetapi kalau sudah terlalu banyak, lebih baik tidak dihindari
  • Periksa kondisi kesehatan harddisk.
    Ini cukup penting karena disinilah semua software yang kita pasang dan juga tempat penyimpanan data. Harddisk yang jelek akan berpengaruh juga kepada kinerja laptop tersebut. Cek apakah ada bad sector atau tidak? kalau ada satu atau dua titik bad, tidaklah terlalu jelek.
  • Periksa ketahanan Baterai.
    Umumnya baterai laptop bisa bertahan kurang lebih 3-6 jam tergantung dari penggunaannya. Untuk laptop bekas, ketahanan baterainya pun berkurang tergantung juga dari usia laptop tersebut. Untuk mengeceknya bisa menggunakan aplikasi Battery bar atau cek langsung dengan menghidupkan laptop sampai baterai benar-benar mau habis dan lihat berapa lama waktunya
  • Periksa optical disk.
    Caranya cukup memasukkan kaset DVD yang berisi data, kemudian di burning menggunakan aplikasi nero atau menyalin seluruh file di dalam kaset. Coba lihat apakah semua data di kaset bisa terbaca? atau malah sebagian tidak?
  • Periksa suhu laptop.
    Tujuannya sendiri untuk memastikan bahwa pendingin prosesor didalam laptop bekerja dengan baik. Ini penting, karena ketika pendingin tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya akan berimbas kerusakan fatal pada laptop tersebut. Gunakan aplikasi speed fan untuk melihat kondisi suhu keseluruhannya.
  • Periksa kestabilan laptop.
    Untuk yang satu ini agak sulit, karena untuk mengetahui laptop tersebut stabil atau tidak dengan cara menggunakannya dengan jangka waktu yang lumayan lama. Terus solusinya bagaimana? saran saya coba jalankan Windows Experience Index dan tunggu sebentar sampai menampilkan hasilnya. Jikalau ada error maka WEI tidak bisa menampilkan nilainya
  • Periksa semua port pada laptop.
    Port yang saya maksud adalah port USB, port VGA, port Audio dan juga card reader apakah berfungsi semua atau tidak.
  • Periksa semua device pada laptop bekerja dengan baik
    Device yang saya maksud adalah Bluetooth (kalau ada), WiFi, Sound dan LAN Card. Untuk bluetooth coba koneksikan dengan perangkat seperti handphone, sama halnya dengan Wifi. Sound, cukup sobat memutar sebuah lagu. Card reader sedikit bisa diabaikan kalau rusak karena kita sendiri sudah jarang menggunakannya.
  • Periksa Webcam.
    Caranya cukup mudah dengan membukanya menggunakan aplikasi webcam dan coba mengambil foto dan video, kemudian diputar. Namun biasanya ketika kita membuka aplikasi webcam dan langsung tampil wajahnya, harusnya webcam tersebut tidak ada masalahnya.
Kalau semuanya sudah dilakukan, mudah-mudahan kita bisa mendapatkan laptop second atau laptop bekas dengan kualitas yang terjamin dan terhindar dari penipuan.
Semoga tips ini cukup membantu untuk anda yang ingin membeli laptop second.