Pentingkah Payment Gateway Pada Toko Online ?

Istilah Payment Gateway mungkin sering kamu dengar, apalagi jika kamu seorang web developer atau seorang pemilik sebuah situs toko online / e-commerce.

Apa Itu Payment Gateway?

Payment gateway merupakan servis otorisasi pembayaran untuk transaksi online dengan melakukan enskripsi data sensitive di kartu kredit dan metode pembayaran lainnya. Itu sebabnya, banyak toko online yang menggunakan payment gateway untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan aman dan valid. Toko online yang menggunakan payment gateway bisa dibilang terpercaya disebabkan oleh proses verifikasi harus dilewati. Untuk mendapatkan verifikasi, toko online harus memenuhi syarat-syarat tertentu, misalnya pemilik toko online/merchant harus mempunyai NPWP.

Selama ini mungkin kamu telah mengenal beberapa jenis pembayaran online, seperti bank transfer, internet banking, direct debit, kartu kredit, PayPal, e-wallet, hingga bayar langsung di tempat atau COD (Cash on Delivery). Tidak ada salahnya jika toko online menggunakan metode pembayaran diatas. Namun, metode-metode tersebut dapat sedikit menyusahkan kedua belah pihak dikarenakan oleh proses transaksi pembayaran yang masih manual dan memakan waktu yang lebih lama.

Manfaat Payment Gateway

Beberapa manfaat yang didapatkan penjual saat menggunakan payment gateway adalah sebagai berikut:

    1. Menambah kredibilitas di mata pembeli
      Terkadang konsumen merasa ragu untuk melakukan pembayaran ke toko online saat sedang bertransaksi. Hal ini dikarenakan nama pemilik rekening tersebut merupakan perorangan, bukan milik perusahaan. Tentu saja konsumen akan ragu untuk mentransfer sejumlah uang jika nomor rekening bank tersebut tidak jelas milik siapa. Dengan payment gateway, pembeli akan merasa lebih aman dan toko online kamu akan terlihat profesional.
    2. Cukup satu rekening
      Payment gateway membantu kamu untuk menerima pembayaran dari berbagai bank dan berbagai macam jenis pembayaran, mulai dari kartu kredit, direct debit, e-wallet, hingga bank transfer.
    3. Proses cepat
      Biasanya toko online yang memakai pembayaran secara manual akan kerepotan untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Mereka akan kerepotan mengecek mutasi rekening untuk mengetahui siapa yang sudah melakukan pembayaran. Akan lebih merepotkan lagi jika penjual mempunyai banyak rekening bank. Layanan payment gateway akan mempermudah proses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang singkat. Transaksi dapat dimonitor melalui satu dashboard dan laporan yang lengkap.
    4. Mengurangi Bounce Rate
      Ada beberapa alasan mengapa transaksi gagal dilakukan. Salah satunya adalah karena proses pembayaran yang panjang dan ribet. Dengan payment gateway, process checkout yang awalnya memakan waktu 15 menit dapat dilakukan dalam 5 menit. Hal ini dapat meningkatkan rasa kepuasan pembeli.

Penggunaan payment gateway menguntungkan semua pihak dalam bertransaksi online. Konsumen akan merasa aman dan bisa melakukan pembayaran dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Sedangkan bagi pemilik toko online, efisiensi dan efektivitas kinerja toko online akan lebih meningkat. Ingat, seharusnya pembayaran menjadi sebuah hal yang menyenangkan bagi pembeli, bukan malah merepotkan. Dengan begitu, kamu bisa menjaga loyalty dan meningkatkan kepuasan berbelanja online pembeli.

Beberapa penyedia Payment Gateway di Indonesia :

  1. Veritrans
  2. Sprint Asia
  3. Ipaymu
  4. Doku
  5. Dll

Jadi, Pentingkah Payment Gateway pada Toko Online ? 

Ya, Sangat Penting.